Pengaruh Pengajaran Guru terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa SD Mandala Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.55649/skenoo.v4i2.103Keywords:
pengaruh pengajaran, guru, prestasi, belajar siswa, pendidikan KristenAbstract
Pembelajaran merupakan proses interaksi antara siswa dan berbagai sumber. Proses ini menentukan hasil pembelajaran, yang salah satunya dipengaruhi oleh kualitas pengajaran guru. Hal ini menjadi dasar penelitian di SD Mandala Surabaya, khususnya kelas I-VI dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengajaran guru terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan melibatkan 77 responden. Hasil penelitian menyatakan bahwa pengajaran guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dalam PAK sebesar 60%. Oleh karena itu, guru PAK di SD Mandala Surabaya perlu didorong untuk meningkatkan profesionalisme mereka agar dapat berdampak positif pada prestasi belajar siswa. Metode pengajaran yang baik harus disesuaikan dengan kemampuan siswa, tujuan pembelajaran, situasi pembelajaran, fasilitas yang ada, serta kompetensi guru itu sendiri. Contoh metode yang sesuai dalam pembelajaran PAK adalah pembelajaran kelompok atau penggunaan media gambar, sehingga siswa lebih antusias dan terlibat dalam pelajaran.
Downloads
References
Abu Ahmadi. Didaktik Metodik. Semarang: Toha Putra, 1975.
Achmad Patoni. Dinamika Pendidikan Anak. Jakarta: Bina Ilmu, 2004.
Ahmad Syafi’i, Tri Marfiyanto, and Siti Kholidatur Rodiyah. “, "Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2, no. 2 (2018): 115.
Andari, Eni. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS).” Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru 1, no. 2 (December 2022): 65–79.
Anggreni, Ni Luh Oka. “Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Dapat Ditingkatkan Melalui Optimalisasi Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil (Small Group Discussion).” Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran 3 (2019): 201--208.
Bakhruddin, Mukhammad, Shoffan Shoffa, and Iis Holisin. Strategi Belajar Mengajar: Konsep Dasar Dan Implementasinya. Bojonegoro: CV. Agrapana Media, 2021.
Bambang Warsita. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasnya. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Febriana, Rina. Kompetensi Guru. 1st ed. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.
Groome, Thomas H. Christian Religious Education. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.
H. Punaji Setyosari. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2012.
Inayati, Beta Fitri, and Firosalia Kristin. “Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas 1 SD.” Holistika : Jurnal ilmiah PGSD 2, no. 2 (2018): 85–93.
Jejen Musfah. “Peningkatan Kompetensi Guru. Melalui Pelatihan Dan Sumber Belajar Teori Dan Praktik.” Jakarta: Kencana, n.d.
Kähler, Jan, Sabine Gerth, Peter Schäfer, Eric Boersma, Ralf Köster, Wolfram Terres, Maarten L. Simoons, Joachim Berger, Thomas Meinertz, and Christian W. Hamm. “Antibodies to Chlamydial Lipopolysaccharides in Unstable Angina Pectoris.” American Journal of Cardiology 87, no. 10 (2001): 1150–1153.
Kunandar. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Grafindo Perkasa, 2009.
Langga, Mersi, and Yuni Karlina Panjaitan. “Pengaruh Metode Active Learning Dalam Pengajaran Alkitab Terhadap Pemahaman Anak Kelas Pratama Di GMIT Jemaat Efata Rote Ndao.” Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (2023): 156–169.
Lase, Delipiter, and Etty Destinawati Hulu. “Dimensi Spritualitas Dalam Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen.” SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan 13, no. 1 (March 2020): 13–25.
Minggus. “Pembelajaran Kontekstual Di Masa Pandemi Untuk Mengembangkan Spiritualitas Anak.” PASCA : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 17, no. 1 (May 2021): 82–97.
Moh. Kasiram. Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif, Cet. II. Malang- Jawa Timur: UIN Maliki Press, 2009.
Monks, Knoers, and Siti Rahayu Haditono. Psikologi Perkembangan (Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2002.
N.S. Degeng. Buku Pegangan Teknologi Pendidikan Pusat Antar Universitas Untuk Peningkatan Dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Universitas Terbuka. Jakarta: Depdikbud RI, Dirjen Dikti, 1993.
Nana Sujana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. III. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 1995.
Nazri, Elfin, Azmar Azmar, and Neliwati Neliwati. “Komponen-Komponen Kurikulum Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (2022): 1289–1298.
Nurdin, & Munzir. “Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.” Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan 6, no. 3 (2019): 247–254.
Nuri, Muhammad Soffan. “Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara: Studi Kasus Pelaksanaan Sistem Among Di SDN Timbulharjo Bantul.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 5 (2016): 129–140.
Panjaitan, Yuni Karlina. “Studi Eksegesis Ulangan 6:4-9 Bagi Pendidikan Anak.” Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 1 (2022): 80–88. https://journal.sttia.ac.id/skenoo/article/view/31/21.
Purwoto, Paulus, Hardi Budiyana, and Yonatan Alex Arifianto. “Landasan Teologis Pendidikan Kristen Dalam Perjanjian Baru Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Kristen Masa Kini.” DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2020): 34–48.
Rusman. Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Computer. Bandung: Alfabeta, 2013.
———. Model-Model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme Guru. Kedua. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2016.
Saifuddin Azwar. Sikap Manusia: Teori Dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
Sanjaya, H. Wina. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2008.
Santosa, Puji, and Djamari. Strategi Pembelajaran Sastra Pada Era Globalisasi. Yogyakarta: Azzagrafika, 2015.
Sugianto, Edi. “Kajian Eksegesis Terhadap Kata ‘Mengosongkan Diri (Ekenosen)’ Dalam Filipi 2:7 Dan Aplikasinya Bagi Orang Percaya.” STT Tabernakel Indonesia, Surabaya, 2011.
Syaiful Sagala. Kemampuan Profesional Guru Dan Tenaga Kependidikan. 4th ed. Bandung: Alfabeta, 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.