Pentingnya Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Nilai Spiritualitas Orang Dewasa Usia 40-60 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.55649/skenoo.v4i2.105Keywords:
Pendidikan Agama Kristen Dewasa, spiritual, dewasa madya, krisis dewasa lanjutAbstract
Dewasa madya, sering disebut sebagai usia lanjut, menghadapi beragam tantangan, termasuk perubahan fisik seperti kehilangan kekuatan, penurunan daya ingat, dan risiko penyakit. Di Indonesia, terdapat sekitar 157.053.112 orang dalam kelompok umur produktif, yang pada akhirnya akan memasuki fase ini. Tantangan emosional juga muncul, seperti kurangnya penghargaan dari keluarga atau masyarakat. Sebagian orang dewasa madya mengambil langkah antisipatif dengan belajar memahami dan menerima perubahan yang datang seiring pertambahan usia. Bimbingan, terutama dalam aspek keagamaan, menjadi krusial untuk membantu mereka menghadapi krisis di masa tua. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan literatur sistematis ini menyoroti pentingnya meningkatkan kesadaran agama melalui Pendidikan Agama Kristen (PAK) sebagai solusi. Simatupang dan timnya menegaskan bahwa pendidikan keagamaan berfungsi membentuk manusia bertakwa, berakhlak mulia, menjaga kedamaian, serta mempersiapkan individu menjadi bagian masyarakat yang mengerti dan menerapkan prinsip-prinsip agama atau berkompeten dalam bidangnya.
Downloads
References
Afrizal, Afrizal. “Permasalahan Yang Dialami Lansia Dalam Menyesuaikan Diri Terhadap Penguasaan Tugas-Tugas Perkembangannya.” Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 2, no. 2 (December 30, 2018): 91–106. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JBK/article/view/462.
Goma, Edwardus Iwantri, Aisyah Trees Sandy, and Muhammad Zakaria. “Analisis Distribusi Dan Interpretasi Data Penduduk Usia Produktif Indonesia Tahun 2020.” Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi 6, no. 1 (July 30, 2021): 20–27. https://journals.unihaz.ac.id/index.php/georafflesia/article/view/1781.
GP, Harianto. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab & Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: PBMR ANDI, 2021.
Gulo, Yaaman, Mitra Binariang Lase, Mega Mustika Zega, and Bill Abram F Bunthu. “Spiritualitas Gen Z Dalam Menghadapi Era Post-Modern: Pembinaan Bagi Youth GBI Jehova Jireh Ministry.” Devotion: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 2 (June 23, 2024): 86–96. https://jurnal.yayasanyutapendidikancerdas.com/index.php/devotion/article/view/64.
Imaduddin, Aam. “Spiritualitas Dalam Konteks Konseling.” Journal of Innovative Counseling 1, no. 1 (2017): 1–8. http://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling.
Ismail, Andar. Ajarlah Mereka Melakukan Kumpulan Karangan Seputar Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1998.
James. “Program Pendidikan Agama Kristen Untuk Pelayanan Kelompok Dewasa Ditinjau Dari Sudut Alkitabiah Dalam Era Globalisasi.” Universitas Medan Area, 2019.
Junaidin. Psikologi Umum. Yogyakarta: Zahir Publisher, 2023.
Priyanti, Dwita, Dinar Saputra, Hendrix Chris Haryanto, and Ali Ghazali. “Efektivitas Intervensi Psikoterapi ILHAM Tehadap Tingkat Stres Yang Dialami Mahasiswa Di Universitas Paramadina.” INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi 12, no. 1 (2021): 67–86.
Pujiono, Andrias, and Andrikho Andrikho. “Peranan PAK Dewasa Dalam Menumbuhkan Kesadaran Spiritualitas Dewasa Madya Untuk Menghadapi Krisis Di Masa Dewasa Lanjut.” Jurnal Teologi Injili 2, no. 2 (December 20, 2022): 139–150. https://jurnal.sttati.ac.id/index.php/jti/article/view/30.
Rannu, Risky, and Ririn Novita Sari. “Dinamika Tantangan Iman Generasi Muda Masa Kini Dan Strategi Pastoral Untuk Mendorong Pertumbuhan Kerohanian.” Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (December 2023): 121–136.
Saputra, Sion. “Kelas Virtual Dan Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Pendidikan Agama Kristen.” In Teknologi Dan Teologi: Mengintegrasikan Alat Digital Dalam Pendidikan Agama Kristen, edited by Yanuardi Kristian Zega, 1–159. Batam: Yayasan Yuta Pendidikan Cerdas, 2024. https://publisher.yayasanyutapendidikancerdas.com/index.php/yutapress/catalog/book/6.
Setyawan, Muh Fery. “Hubungan Spiritualitas Dengan Tingkat Kecemasan Menghadapi Kematian Lansia Umur Di Atas 60 Tahun Di Dusun Tangguladin, Pandean, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah.” Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ’Aisyiyah Yogyakarta, 2013.
Simatupang, Jhonnedy Kolang Nauli, and Anthony Yedid Yah Kairupan. “Mengurai Problematika Manajemen Pendidikan Kristen Berbasis Paralelitas Teori Motivasi: Herzeberg Dan Abraham Maslow.” Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 2 (December 28, 2022): 154–164. https://journal.sttia.ac.id/skenoo/article/view/36.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.