Peran Gaya Komunikasi Orang Tua Dalam Membentuk Kompetensi Sosial Anak

Authors

  • Renita Yuliani Sekolah Tinggi Teologi Syalom Bandar Lampung
  • Andrias Pujiono Sekolah Tinggi Teologi Syalom Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.55649/skenoo.v2i2.39

Keywords:

komunikasi, orang tua, kompetensi sosial, anak

Abstract

Komunikasi merupakan hal penting dalam kehidupan manusia, baik itu di lingkungan keluarga, sekolah, dan di tengah masyarakat. Keluarga merupakan suatu lembaga pertama dan utama untuk menanamkan berbagai kompetensi kepada anak, termasuk kemampuan berkomunikasi. Di tengah keluarga, orang tua menjadi role model bagi kehidupan anak, sehingga bagaimana cara komunikasi orang tua dapat berpengaruh pada kompetensi sosial anak. Dalam penelitian ini penulis ingin meneliti tentang peran gaya komunikasi orang tua terhadap kompetensi sosial anak. Penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan studi kepustakaan, yang meneliti berbagai sumber tertulis yang relevan dengan judul di atas. Penelitian penulis memilih dan memilah berbagai sumber yang relevan untuk mengetahui peran komunikasi orang tua terhadap kompetensi sosial anak. Dari hasil penelitian ini penulis menemukan bahwa gaya komunikasi orang tua memiliki peran penting terhadap kompetensi sosial anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chaer, Abdul. Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2009.

Christanday, Andreas. Komunikasi Dalam Keluarga Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2015.

D. Gunasa, Singgih, and Yulia Singgih D. Gunasa. Psikologi Praktis Anak, Remaja, Dan Keluarga. Jakarta: Libri, 2011.

Edy Suryadi. “Model Komunikasi Efektif Bagi Perkembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Anak.” Jurnal Ilmu Komunikasi 8, no. 3 (2010): 263–279.

Goleman, Daniel. Emotional Intelligence. Jakarta: Kompas Gramedia, 2020.

Husna, Amalia, and Dadan Suryana. “Analisis Pola Asuh Demokrtis Orang Tua Dan Implikasinya Pada Perkembangan Sosial Anak Di Desa Koto Iman Kabupaten Kerinci.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 3 (2021): 10128–10140.

Hutapea, Liana. “Gaya Komunikasi Interpersonal Orangtua Dalam Mencegah Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja Di Desa Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang.” Al-Balagh 1, no. 1 (2020): 126–137.

Junihot. Psikologi Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2016.

Lase, Herman Julisto, Bagus Subambang, Budi Santosa, and Samuel Sirait. “Pengaruh Minat Baca Alkitab Terhadap Pertumbuhan Kerohanian Mahasiswa.” Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2021): 37–44. https://journal.sttia.ac.id/skenoo/article/view/4.

Lestari, Widayati. “Model Komunikasi Pendidikan Seksualitas Orang Tua Pada Remaja,” no. 3 (2019): 55–80.

Malihah, Zahro, and Alfiasari Alfiasari. “Perilaku Cyberbullying Pada Remaja Dan Kaitannya Dengan Kontrol Diri Dan Komunikasi Orang Tua.” Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen 11, no. 2 (2018): 145–156.

Muis, Saludin. Kenali Kepribadian Anda Dan Permasalahnnya Dari Sudut Pandang Teori Psikoanalisa. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.

Nurul Lailatul Khusuniyah. “Peran Orang Tua Sebagai Pembentuk Emosional Sosial Anak.” Qawwam 11, no. 2 (2018): 144–149.

Pujiono, Andrias. “Diakonia Gereja Saat Pandemi Covid-19 Di Indonesia.” TE DEUM (Jurnal Teologi dan Pengembangan Pelayanan) 10, no. 2 (2021): 227–253.

Puluhulawa, Citro W. “Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Meningkatkan Kompetensi Sosial Guru.” Makara Human Behavior Studies in Asia 17, no. 2 (2013): 139.

Purnama, Rika Aulya, and Sri Wahyuni. “Kelekatan (Attachment) Pada Ibu Dan Ayah Dengan Kompetensi Sosial Pada Remaja Attachment to Mothers and Fathers and Social Competence on Adolescents.” Jurnal Psikologi 13, no. 1 (2017): 30–40.

Rifani, Fikri;, Sanusi, and Laila; Qadariah. “Pola Komunikasi Anak Muda Di Banjarmasin Timur Dalam Menyikapi Toxic Parents Terhadap Dampak.” Komunikasi, no. menyikapi toxic parents (2018): 10.

Rofiq, Ainur, and Ismatun Nihayah. “Komunikasi Sebagai Modal Utama Orang Tua Dalam Pembentukan Kepribadian Anak.” OSF Preprints (2018): 1–15.

Sahalessy, Yona C. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Keterampilan Sosial Remaja Di Kota Depok.” Global Health Science (Ghs) 5, no. 4 (2020): 204.

Santosa, Budi, Stevanus Parinussa, and Wenny Kristiani Waruwu. “Keharmonisan Pernikahan Dalam Perspektif Pengajaran Mempelai.” Shalom: Jurnal Teologi Kristen 1, no. 2 (2021): 115–125. http://jurnal.sttsyalom.ac.id/index.php/shalom/article/view/7.

Saputra, Sion, Hana Suparti, and Talizaro Tafonao. “Bertumbuh Dalam Relasi Dengan Kristus Berdasarkan Kolose 2 : 6-7.” Jurnal Shanan 4, no. 2 (2020): 162–173.

Solihat, Manap. “Dan Pembentukan Kepribadian Anak,” no. 56 (2005): 307–312.

SUCIA, VIANESA. “Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Komuniti : Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi 8, no. 5 (2017): 112–126.

Suryandari, Savitri. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kenakalan Remaja.” JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar) 4, no. 1 (2020): 23–29.

Tafonao, Talizaro. “Peran Pengajaran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Anak.” Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 3, no. 2 (2018): 125.

Togatorop, Mangiring Tua, Septerianus Waruwu, and David Martinus Gulo. “Pola Asuh Keluarga Kristen Terhadap Pertumbuhan Iman Anak.” Real Didache 5, no. 1 (2020): 30.

Yahono, Suciati, and Ade Putranto Prasetyo. “Implementasi Gaya Komunikasi Asertif Orang Tua-Anak Selama Masa Pandemi Covid 19.” KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 5, no. 1 (2022): 45–50.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.

Downloads

Published

28-12-2022

How to Cite

Yuliani, R. ., & Pujiono, A. (2022). Peran Gaya Komunikasi Orang Tua Dalam Membentuk Kompetensi Sosial Anak. Skenoo : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(2), 113–124. https://doi.org/10.55649/skenoo.v2i2.39

Issue

Section

Articles