Pengaruh Metode Active Learning dalam Pengajaran Alkitab terhadap Pemahaman Anak Kelas Pratama di GMIT Jemaat Efata Rote Ndao
DOI:
https://doi.org/10.55649/skenoo.v3i2.55Keywords:
active learning, kelas pratama, pelayanan anak, pengajaran Alkitab, GMITAbstract
Gereja berperan membimbing dan memberikan pengajaran dasar Firman Allah kepada generasi penerus. Namun hal tersebut terkadang terlalaikan karena metode yang digunakan guru belum efektif di dalam mengajarkan Firman Allah kepada anak-anak. Hal ini terjadi di pelayanan sekolah minggu Gereja Masehi Injil di Timor (GMIT) Jemaat Efata Rote Ndao. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh metode active learning dalam pengajaran Alkitab terhadap pemahaman anak kelas pratama di GMIT Jemaat Efata Rote. Metode yang digunakan adalah penelitian survei yang bersifat kuantitatif non eskperimental, bersifat korelasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Active Learning dalam pengajaran Alkitab yang kreatif memiliki signifikansi pengaruh yang baik sehingga dapat meningkatkan pemahaman akan Firman Tuhan di anak sekolah minggu kelas pratama GMIT Jemaat Efata Rote. Dengan demikian, metode active learning dapat menjadi sebuah referensi bagi gereja dalam mengajarkan firman Tuhan kepada anak-anak sekolah minggu sehingga bertumbuh dalam iman sesuai dengan kehendak Allah.
Downloads
References
Aditama, W B, N Widiani, S Zohdi, and A Mukarromah. “Implementasi Strategi Active Learning Menggunakan Metode Reading Aloud Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa SD.” JSER Journal of Science and Education Research 1, no. 1 (2022): 22–28. https://jurnal.insanmulia.or.id/index.php/jser/.
Blattner, Doris. Metode Mengajar Anak-Anak Sekolah Minggu. Bandung: Lembaga Literatur Baptis, 2003.
Budi, Hengki Irawan Setia. “Urgensi Konstruksi Generasi Penerus Bagi Gereja.” Skenoo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2021): 59–77.
Dien, Sumiyatiningsih. Mengajar Dengan Kreatif Dan Menarik. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2006.
Harmasto, Soetarno. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, 1988.
Kadarmanto, Ruth S. Tuntunlah Ke Jalan Yang Benar. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006.
Larasati, Ayu. “Apa Itu Model Pembelajaran Active Learning? Ini Jawaban Lengkapnyae.” Gamelab.Id. Last modified 2022. Accessed August 8, 2023. https://www.gamelab.id/news/1832-apa-itu-model-pembelajaran-active-learning-ini-jawaban-lengkapnya.
Leo, Sutanto. Kiat Sukses Mengelola Dan Mengajar Sekolah Minggu. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2008.
Lie, Paulus. Mereformasi Sekolah Minggu. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2003.
———. Metode Anak Aktif Dalam Bercerita Dan Membaca Alkitab. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2002.
———. Teknik Kreatif Dan Terpadu Dalam Mengajar Sekolah Minggu. Yogyakarta: Penerbit Andi, 1999.
Meilania. Creative Teaching Di Sekolah Minggu. Yogyakarta: Gloria Gaffa, 2009.
———. Membuat Kelas Yang Menyenangkan Di Seolah Minggu. Yogyakarta: Gloria Gaffa, 2007.
Panjaitan, Yuni Karlina. “Studi Eksegesis Ulangan 6:4-9 Bagi Pendidikan Anak.” Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 1 (2022): 80–88.
PUJIATI GULTOM. “PRINSIP-PRINSIP MENGAJAR SEKOLAH MINGGU UMUR 1-12 TAHUN (Bagian 2) Oleh Pujiati Gultom, MA.” Universitas Kristen Imanuel 1, no. 2 (2010). https://e-jurnal.ukrimuniversity.ac.id/detail.php?id_konten=77.
Pujiono, Andrias. “Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Society 5.0.” Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2021): 78–89.
Raharjo, Sahid. “Cara Uji Korelasi Kendall’s Tau-b (Data Ordinal) Dengan SPSS Lengkap.” SPSS Indonesoa. Last modified 2019. Accessed August 8, 2023. https://www.spssindonesia.com/2019/01/cara-uji-korelasi-kendalls-dengan-spss.html.
Rokhayatun, Rokhayatun. “Penggunaan Metode Pembelajaran Active Learning Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Drama Pada Siswa Kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Praya Tahun Pelajaran 2018/2019.” JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala 6, no. 2 (2021): 67–75.
Sudi Ariyanto, and Helena Erika. Menciptakan Sekolah Minggu Yang Menyenangkan. Yogyarkata: Gloria Gaffa, 2005.
Zaman, Badrus. “Penerapan Active Learning Dalam Pembelajaran Pai.” Jurnal As-Salam 4, no. 1 (2020): 13–27.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.