Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen di Era Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.55649/skenoo.v1i2.15Keywords:
guru, profesional, society 5.0, teknologiAbstract
Era Society 5.0 telah terjadi integrasi antara dunia maya dan nyata. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah bagaimana pendidikan dilakukan, termasuk praktik Pendidikan Agama Kristen (PAK). Dengan metode studi kepustakaan, penulis menemukan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran sudah menjadi kebutuhan. Profesionalitas guru PAK di era ini ditentukan dengan penguasaan kompetensi Abad 21. Guru PAK yang profesional memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif, inovatif, kolaboratif dan literasi digital. Salah satu tolok ukur, guru profesional di era 5.0 mampu memanfaatkan berbagai teknologi dalam meningkatkan kualitas proses maupun hasil belajar peserta didik.
Downloads
References
Boehlke, Robert. Sejarah Dan Perkembangan Dan Pikiran Dan Praktek, Dari Yohannes Amos Comenius Sampai Perkembangan PAK Di Indonesia, Jakarta: BPK Gunung Mulia. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009.
Faulinda Ely Nastiti, Aghni Rizqi Ni’mal ‘Abdu. “Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0.” Edcomtech 5, no. 1 (2020): 61–66.
H. K. Wong, R. T. Wong. The First Days of School: How to Be an Effective Teacher. Mountain View, CA: Harry K. Wong Publications, 1998.
Hamzah, Amir. Metode Penelitian Kepustakaan. Bat: Literasi Nusantara, 2020.
Haryati, A Sri. “Developing Teachers ’ Professionalism in the 21 St Century.” Conference on Language and Language Teaching (2017): 199–204.
Hendarsyah, Decky. “E-Commerce Di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0.” IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita 8, no. 2 (2019): 171–184.
Iwan Hermawan, Et.al. “KEBIJAKAN PENGEMBANGAN GURU DI ERA” 1, no. 3 (2020): 242–264.
kbbi.kemdikbud.go.id. “Hasil Pencarian - KBBI Daring.” Last modified 2021. Accessed June 10, 2021. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/profesi.
Kosasi, Soetjipto dan Raflis. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Mayumi Fukuyama. “Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society.” Japan SPOTLIGHT, no. August (2018): 8–13.
Nainggolan, John. Guru Agama Sebagai Panggilan Dan Profesi. Bandung: Bina Media Informasi, 2010.
Nyoman, Ni, Lisna Handayani, Ni Ketut, and Erna Muliastrini. “Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar) Ni.” 1–14, 2020.
Richardo, Rino. “Program Guru Pembelajar: Upaya Peningkatan Guru Profesionalisme Guru Abad 21.” Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika, no. November (2016): 777–785. https://core.ac.uk/download/pdf/289793503.pdf.
Risdianto, E. “Analisis Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0.” Akademia.
Rizkinaswara, Leski. “Revolusi Industri 4.0 – Ditjen Aptika.” Https://Aptika.Kominfo.Go.Id/2020/01/Revolusi-Industri-4-0/. Last modified 2020. Accessed July 14, 2021. https://aptika.kominfo.go.id/2020/01/revolusi-industri-4-0/.
Samosir, Rotua. “Guru Pendidikan Agama Kristen Yang Profesional.” Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan 5, no. 3 (2019): 64–68.
Sidjabat, B.S. Mengajar Secara Profesional: Mewujudkan Visi Guru Profesional. Kalam Hidup, 2008.
Sudibjo, Niko, Lusiana Idawati, and HG Retno Harsanti. “Characteristics of Learning in the Era of Industry 4.0 and Society 5.0.” Advances in Social Science, Education and Humanities Research 372, no. ICoET (2019): 276–278. http://staffnew.uny.ac.id/upload/130682770/penelitian/ba-32kur-masa-depansemnas-untirta16-2-.
Suryaningrum, Kristien Margi. “Siapkah Indonesia Menyongsong Society 5.0 Dengan Seiring Perkembangan Big Data Yang Semakin Pesat?” Last modified 2020. Accessed June 10, 2021. https://socs.binus.ac.id/2020/11/01/siapkah-indonesia-menyosong-society-5-0-dengan-seiring-perkembangan-big-data-yang-semakin-pesat/.
Tichenor, Mercedes S, and John M Tichenor. “Understanding Teachers ’ Perspectives on Professionalism” XXVII, no. 1 (2005): 89–95.
Wise, A. Professional Teaching: A New Paradigm for the Management of Education. T. J. Serg. Allyn and Bacon, 1989.
Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.