Upaya Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Membentuk Karakter Religius Siswa
DOI:
https://doi.org/10.55649/skenoo.v4i2.70Keywords:
karakter, religius, guru, peserta didik, Pendidikan Agama KristenAbstract
Penelitian ini dimulai dari permasalahan karakter yang dialami oleh para siswa. Beberapa isu perilaku yang sering terjadi di kalangan siswa termasuk memberontak kepada guru, menonton dan menyimpan konten pornografi, bolos sekolah, dan terlibat dalam pergaulan bebas. Salah satu langkah untuk menyelesaikan isu tersebut ialah dengan guru berusaha untuk mengarahkan dan membentuk kepribadian religius pada murid-murid. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif melalui metode tinjauan pustaka. Data primer diperoleh melalui kajian mendalam terhadap berbagai sumber, termasuk buku-buku referensi, jurnal ilmiah bereputasi, dan penelitian-penelitian terdahulu yang relevan. Analisis data yang komprehensif dilakukan untuk mengidentifikasi temuan yang signifikan. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa guru Pendidikan Agama Kristen memiliki peran sentral dalam pembentukan karakter religius siswa. Proses pembentukan karakter ini melibatkan berbagai strategi, di antaranya pengajaran nilai-nilai agama, stimulasi praktik berdoa, serta pendalaman pemahaman terhadap Alkitab. Dengan demikian, guru dapat bertindak sebagai fasilitator yang efektif dalam membimbing siswa untuk mengembangkan karakter religius yang kuat.
Downloads
References
Adlini, Miza Nina, and dkk. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022): 974–980.
Anita, and Badrun Kartowagiran. “Karakter Religius Pada Mahasiswa Program Pascasarjana.” Jurnal Pendidikan Karakter 9, no. 2 (2019): 163–178.
Arifianto, Yonatan Alex. “Menumbuhkan Sikap Kerukunan Dalam Persepektif Iman Kristen Sebagai Upaya Deradikalisasi.” Khazanah Theologia 3, no. 2 (2021): 93–104.
Daryanto, and Suryatri. Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media, 2013.
Debora, Kiki, and Chandra Han. “Pentingnya Peranan Guru Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Dalam Pendidikan Kristen: Sebuah Kajian Etika Kristen.” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 2, no. 1 (2020): 1–14.
Gulo, Yaaman, Dewi Lidya S, Yowenus Wenda, and Yunardi Kristian Zega. “Pengaruh Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa.” REAL DIDACHE: Journal of Christian Education 2, no. 2 (September 2022): 113–122.
Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta, 2014.
Hamalik, Oemar. Proses Pembelajaran Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2003.
Harmadi, Mariani, and Abednego Agung Jatmiko. “Pembelajaran Efektif Pendidikan Agama Kristen Generasi Milenial.” PASCA : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 16, no. 1 (2020): 62–74.
Hasan, Hamid. Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kantor Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
Hidaya, Alfi Rachma, and dkk. “Penanaman Nilai Kejujuran Melalui Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Dengan Teknik Modeling.” In Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 109–114. Yogyakarta: Mercubuana, 2018.
Inten, N. D. “Penanaman Kejujuran Pada Anak Dalam Keluarga.” FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga 3, no. 1 (2017): 35–45.
Iqbal, Muhamad, and Cesilia Prawening. “Refleksi Kebenaran: Prinsip Kejujuran Sebagai Komunikasi Spiritual Anak Di Era Digital.” Jurnal Komunikasi 3, no. 2 (2018): 175–192.
Jalaluddin, M. Psikologi Agama Memahami Perilaku Keagamaan Dengan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008.
Keriapy, Frets. “Pendidikan Kristiani Transformatif Berbasis Multikultural Dalam Konteks Indonesia.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 82–93.
Khan, Yahya. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing, 2010.
Marampa, Elieser R. “Peran Orangtua Dan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Kerohanian Peserta Didik.” Sesawi:Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2021): 100–115.
Masinambow, Yornan, and Yosef Nasrani. “Pendidikan Kristiani Sebagai Sarana Pembentukan Spiritualitas Generasi Milenial.” PASCA : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 17, no. 1 (2021): 64–81.
Mbeo, Ella Tesalonika, and Andreas Bayu Krisdiantoro. “Pembinaan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Sekolah.” Didache: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 3, no. 1 (December 2021): 17–29.
Nainggolan, John M. PAK Dalam Masyarakat Majemuk. Bandung: Bina Media Informasi, 2009.
Nuriyanto, Lilam Kadarin. “Pengaruh Implementasi Pendidikan Agama Terhadap Perilaku Keagamaan Peserta Didik.” Edukasi:Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 13, no. 3 (2015): 407–421.
Peter, Ramot. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Membangun Wawasan Kebangsaan Menghadapi Isu Intoleransi Dan Radikalisme.” Vox Dei: Jurnal Teologi dan Pastoral 1, no. 2 (2020): 89–103.
Pinat, Nahum, Ezra Tari, and Purnama Pasande. “Implementasi Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Anak.” Kapata: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 77–78.
Rannu, Risky, and Ririn Novita Sari. “Dinamika Tantangan Iman Generasi Muda Masa Kini Dan Strategi Pastoral Untuk Mendorong Pertumbuhan Kerohanian.” Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (December 2023): 121–136.
Rantesalu, Marsi Bombongan. “Karakter Kejujuran Dalam Gereja Masa Kini.” Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2020): 43–54.
Sahartian, Santy. “Pemahaman Guru Pendidikan Agama Kristen Tentang II Timotius 3:10 Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak Didik.” Jurnal Fidei 1, no. 2 (2018): 146–172.
Simanjuntak, Irfan. “Membentuk Generasi Yang Takut Akan Tuhan.” In Prosiding Seminar Nasional: Keluarga Yang Misioner, 93–102. Batam: STT Real Batam, 2018.
Sinaga, Janes, and dkk. “Fungsi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Sekolah Kristen.” SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 3, no. 1 (December 2021): 58–73.
Sriyanti, and Esen Hon Nakamnanu. “Peran Guru Dalam Menerapkan Pendidikan Agama Kristen Untuk Menumbuhkan Iman Kristen Anak Sejak Dini.” Shamayim: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (2020): 14–28.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2021.
Sulu’, Gusriani. “Kajian Teologis Pengudusan Diri Dalam 1 Petrus 1:13-15 Dan Implikasinya Bagi Kekudusan Hidup Remaja.” Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 4, no. 1 (June 2024): 88–102.
Surbakti, E. B. Kenalilah Anak Remaja Anda. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009.
Sutisna, Anan. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Pendidikan. Jakarta Timur: UNJ Press, 2021.
Tenny, Tenny, and Yonatan Alex Arifianto. “Aktualisasi Misi Dan Pemuridan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Era Disrupsi.” Didache: Journal of Christian Education 2, no. 1 (June 2021): 41.
UNICEF. “The State Of The World’s Children 2017 : Children in a Digital World” (2017).
White, J. Kejujuran Moral Dan Hati Nurani. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2012.
Widiyaningtyas, Ester, Clive Johday Welan, and Dony Wijaya. “Peranan Konseling Behavior Dalam Menangani Dampak Adiksi Dari Game Online.” Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (December 2023): 184–195.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, SISDIKNAS Dan Peraturan Pemerintah RI Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Serta Wajib Belajar. Bandung : Citra Umbara, 2012.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.