Transformasi Kurikulum Pendidikan Agama Kristen: Kompetensi Guru PAK pada Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Digital

Authors

  • Frimsi Wohon Sekolah Tinggi Teologi Transformasi Indonesia Manado
  • Ristan Rakim Sekolah Tinggi Teologi Transformasi Indonesia Manado https://orcid.org/0009-0007-7421-3614
  • Eva Wahyuni Sekolah Tinggi Teologi Transformasi Indonesia Manado
  • Anita Grays Freidelien Pantow Sekolah Tinggi Teologi Transformasi Indonesia Manado https://orcid.org/0000-0002-3492-862X
  • Hermin Ranting Sekolah Tinggi Teologi Transformasi Indonesia Manado

DOI:

https://doi.org/10.55649/skenoo.v5i1.155

Keywords:

transformasi kurikulum, kurikulum merdeka, kompetensi guru, pendidikan agama Kristen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran kompetensi guru PAK dalam penerapan Kurikulum Merdeka berbasis digital melalui studi literatur yang menganalisis kompetensi guru, perubahan kurikulum, dan integrasi teknologi dalam pembelajaran. Tulisan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Hasil kajian menunjukkan bahwa kompetensi guru PAK mencakup aspek pedagogis, profesional, sosial, dan pribadi yang mendukung efektivitas pembelajaran digital. Selain itu, guru berperan penting dalam membimbing siswa untuk memahami serta mengaplikasikan nilai-nilai Kristen dalam kehidupan sehari-hari, meskipun menggunakan media digital. Selanjutnya, blended learning dipakai untuk mengimplementasikan pada kurikulum merdeka. Kendala utama dalam implementasi kurikulum ini meliputi keterbatasan infrastruktur teknologi dan kesenjangan dalam pelatihan guru. Oleh karena itu, peningkatan kompetensi digital guru PAK serta penyediaan dukungan teknis yang memadai menjadi faktor utama dalam keberhasilan penerapan Kurikulum Merdeka berbasis digital dalam pendidikan agama Kristen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almarisi, Ahmad. “Kelebihan Dan Kekurangan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Sejarah Dalam Perspektif Historis.” MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial 7, no. 1 (March 2023): 111–117.

Angga, Angga, Cucu Suryana, Ima Nurwahidah, Asep Herry Hernawan, and Prihantini Prihantini. “Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Kabupaten Garut.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (May 2022): 5877–5889.

Aufaa, Marsaa Alyaa, and Eka Titi Andaryani. “Dampak Transformasi Pendidikan Nasional Dari Kurikulum 2013 Ke Kurikulum Merdeka: Kajian Literatur.” Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan 3, no. 2 (November 2023): 150–156.

Dede Hertina, Nurhidaya M, Vincent Gaspersz, Elisabet Tresia Angelica Nainggolan, Rosmiati Rosmiati, Henny Sanulita, Lalu Suhirman, Lila Pangestu H, Retno Dewi Prisusanti, Ahmad Ahmad, Ferdinan Ferdinan. Metode Pembelajaran Inovatif Era Digital : Teori Dan Penerapan. Bantul: PT. Green Pustaka Indonesia, 2024.

Dewi Safitri, Yulia Rahma, Muhammad Riski, & Adinda Rehan Ritonga. “KOMPETENSI GURU PAI DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA BERBASIS DIGITAL.” AT-Taqwa: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 1, no. 1 (2023): 9–15.

Ekasari, Venda Putri. “Transformasi Pendidikan Melalui Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Menghadapi Tantangan Abad Ke - 21.” NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH (NCU) 2, no. 1 (2023): 178–183.

Frilia Kartini Sipahutar, and Yunardi Kristian Zega. “Peran Guru PAK Dalam Memanfaatkan Teknologi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan 1, no. 1 (December 2023): 13–26.

Groome, Thomas H. Christian Religious Education. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.

Hasmiati, Hasmiati, Nurul Fawzani, and Wachida Muhlis. “IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR.” Jurnal Pendidikan Dasar 14, no. 2 (January 2024): 158–170.

Hasyim, Adam, and Nurul Awaliah Hayati. “Analisis Kemampuan Guru Dalam Menggunakan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Di Era Digital.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 8, no. 2 (February 2023): 297–303.

Hendra, Hery Afriyadi, Tanwir, Noor Hayati, Supardi, Sinta Nur Laila, Yana Fajar Prakasa, Rahmat Putra Ahmad Hasibuan, Achmad Dzulfikri Almufti Asyhar. MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL (Teori & Praktik). Jambi: Sonspedia Publishing Indonesia, 2023.

Hidayat, Udin Firman, Martha Megawati Pasaribu, Djoys Anneke Rantung, and Noh Ibrahim Boiliu. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Adaptif Dalam Menghadapi Tantangan Teknologi Pendidikan.” Journal on Education 5, no. 2 (January 2023): 3492–3506.

Huberman, Matthew B. Miles; A. Michael. Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI-Press, 2014.

Husyain, Muh Rifai dkk. Kurikulum Merdeka (Implementasi Dan Pengaplikasian). Yogyakarta: Selat Media Patners, 2024.

Kaviza, M. “Kompetensi Guru Terhadap Pembelajaran Dan Pemudahcaraan Sejarah Berasaskan Aplikasi Google Classroom.” Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH) 5, no. 9 (August 2020): 175–184.

Kusumadewi, Rusdiana, Ninik Susilowati, Lulik Hariyani, and Abida Fikriyah Nita. “PERANAN GURU PENGGERAK DALAM KURIKULUM MERDEKA ERA MERDEKA BELAJAR.” Jurnal Impresi Indonesia 2, no. 8 (September 2023): 821–827.

Langi, Elsjani Adelin, Hermin Ranting, Hizkia Joel Kambong, and Julio Eleazer Nendissa. “Peran Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Suasana Pembelajaran Dan Minat Belajar Siswa Kelas IX Di SMP Negeri II Kauditan.” Jurnal Kala Nea 5, no. 2 (2024): 157–173.

Lase, Delipiter. “Keterampilan Dan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Revolusi Industri 4.0.” SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan 15, no. 2 (December 2022): 53–66.

Manga’, Friskianti, I Made Suardana, and Ezra Tari. “Analisis Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Transformasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka.” Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 5, no. 4 (August 2024): 549–563.

Marita, Peggy Lucia. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Shanan 7, no. 1 (March 2023): 159–174.

Mau, Marthen, Saenom Saenom, Ina Martha, Gundari Ginting, and Samuel Sirait. “Model Pembelajaran Orang Dewasa Di Era Masyarakat 5.0.” Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 2 (December 2022): 165–178.

Mulyasa, H. E. Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2020.

Nendissa, Julio. “Peran Kitab Keagamaan Terhadap Perkembangan Iman Pemuda Gereja Dalam Pendidikan Kristen.” DIDASKALIA: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 2, no. 2 (2021): 44–55.

P, Azis. “Hampir 70 Persen Satuan Pendidikan Sudah Menerapkan Kurikulum Merdeka.” Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Pujiono, Andrias. “Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Society 5.0.” Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2021): 78–89.

Rifma. Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagodik Guru. Jakarta: KENCANA, 2016.

Riswadi. KOMPETENSI PROFESIONAL GURU. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.

Rochman, H. Chaerul, and Heri Gunawan. Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru. Bandung: Nuansa Cendekia, 2023.

Sagala, Meliana Yulan Sari. “IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN.” Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 4, no. 1 (2025): 455–446.

Tampubolon, Dea Anestia, and Ordekoria Saragih. “Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pendidikan Agama Kristen (PAK) Di Daerah Tertinggal.” Jurnal Trust Pentakosta 1, no. 1 (2024): 35–44.

Taufik, Taufik, M Nur Imansyah, Moh Rayhan, and Umul Jainab. “Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Digital Dalam Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.” Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 4 (November 2024): 700–710.

Wenas, Maria Lidya, Elsi Susanti Br Simamora, Maharin Maharin, Joni Apri Candra, and Rifka Priskila. “Nilai-Nilai Kristiani Bagi Kompetensi Kepribadian Guru.” Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (June 2021): 1–10.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia. 2nd ed. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.

Downloads

Published

30-06-2025

How to Cite

Wohon, Frimsi, Ristan Rakim, Eva Wahyuni, Anita Grays Freidelien Pantow, and Hermin Ranting. “Transformasi Kurikulum Pendidikan Agama Kristen: Kompetensi Guru PAK Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Digital”. Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (June 30, 2025): 1–19. Accessed October 14, 2025. https://journal.sttia.ac.id/skenoo/article/view/155.

Issue

Section

Articles