Pengaruh Minat Baca Alkitab Terhadap Pertumbuhan Kerohanian Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.55649/skenoo.v1i1.4Keywords:
Minat Baca, Alkitab, Pertumbuhan Kerohanian, Reading Interest, Bible, Spiritual GrowthAbstract
Minat baca Alkitab di kalangan remaja pada masa sekarang ini, banyak dijumpai remaja yang kurang minat dalam membaca Alkitab oleh karena hal itulah pengetahuan tentang isi Firman Tuhan dikalangan remaja kurang, bahkan tidak memiliki pengetahuan apa-apa terkait dengan Firman Tuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan minat baca Alkitab dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh minat baca Alkitab terhadap pertumbuhan kerohanian mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif noneksperimen yakni penelitian Kuantitatif Regresi (sederhana) yang berarti suatu teknik kuantitatif statistika yang digunakan untuk meramal atau memprediksi suatu nilai dari suatu luaran variabel terikat berdasarkan satu variabel bebas di dalam suatu persamaan regresi, dengan menggunakan analisis data statistik IBM SPSS 20.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa minat baca Alkitab memiliki pengaruh yang signifikan dan memiliki nilai sebesar 21.3%. Dengan demikian hasil penelitian ini telah membuktikan hipotesis bahwa minat baca Alkitab dapat mempengaruhi pertumbuhan kerohanian mahasiswa sekolah tinggi teologi Tabernakel Indonesia.
Downloads
References
Darmawan, I Putu Ayub, and Enggar Objantoro. “Signifikansi Ineransi Alkitab Bagi Pendidikan Kristen.” Sola Scriptura: Jurnal Teologi 1, no. 1 (2020): 36–52.
Duli, Nikolaus. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Budi Utama, 2019.
Edy, Sutrisno. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana, 2009.
Hardjana, AM. Penghayatan Agama. Yogyakarta: Kasinus, 1993.
Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999.
Katarina, K, and I Putu Ayub Darmawan. “Implikasi Alkitab Dalam Formasi Rohani Pada Era Reformasi Gereja.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 3, no. 2 (2019): 81–93. Accessed January 23, 2020. http://stttorsina.ac.id/jurnal/index.php/epigraphe/article/view/85.
Leigh, Ronald W. Melayani Dengan Efektif. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2007.
Mudjito. Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Universitas Terbuka, 1993.
Narwoko, J. Dwi, and Bagong Suyanto. Sosiologi: Teks Pengantar Dan Terapan. Jakarta: Kencana, 2004.
Reynaldi, Christian. “Kitab Suci, Gereja, Dan Otoritas: Harmonisasi Doktrin Kecukupan Alkitab Dengan Sejarah Gereja.” Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan 18, no. 1 (October 2019): 1–12. Accessed June 29, 2020. https://ojs.seabs.ac.id/index.php/Veritas/article/view/318.
Riniwati, R. Motivasi, Prestasi Dan Evaluasi Belajar. Ungaran: Sekolah Tinggi Teologi Simpson, 2016.
Shaleh, Ibnu Ahmad. Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Hidakarya, 1999.
Simamora, Dame Taruli, and Rida Gultom. Pendidikan Agama Kristen Kepada Remaja Dan Pemuda. Medan: Mitra, 2015.
Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Sukadi, Sukadi. “Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Pendekatan Multisensori Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas V SLB-C Ma’arif Muntilan Tahun Ajaran 2011/2012.” UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA, 2012. Accessed December 25, 2019. http://eprints.uny.ac.id/9573/.
Yetti, Rivda. “Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Terhadap Minat Membaca Anak Ditinjau Dari Pendekatan Stres Lingkungan.” PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan IX, no. 1 (August 14, 2009): 17–28. Accessed July 1, 2021. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi.
Zaluchu, Sonny Eli. Sistematika Dan Analisis Data Riset Kuantitatif. Semarang: Golden Gate Publishing, 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.