Signifikansi Paradigma Kepemimpinan Intergenerasional Menurut Gary L. McIntosh bagi Revitalisasi Pelayanan Tim Kemajelisan Gereja

Authors

  • I Wayan Agus Wiratama Universitas Kristen Duta Wacana

DOI:

https://doi.org/10.55649/skenoo.v4i1.72

Keywords:

revitalisasi kepemimpinan, kepemimpinan intergenerasional, inklusif, apresiatif, akomodatif

Abstract

Kepemimpinan dalam tim kemajelisan jemaat adalah format yang lumrah dipakai gereja-gereja di Indonesia, khususnya pada tradisi presbiterial. Walaupun pola kepemimpinan tersebut sudah dipandang baik, namun tidak banyak yang menyadari bahwa corak kepemimpinan dalam tim kemajelisan masih cenderung bersifat monogenerasional. Dominasi satu atau dua generasi yang dianggap berpengalaman dapat berimplikasi pada melemahnya efektivitas pelayanan gerejawi secara holistik. Bertolak dari keprihatinan itu, maka artikel ini mengeksplorasi beberapa intisari gagasan kepemimpinan intergenerasional sebagai upaya revitalisasi kepemimpinan tim kemajelisan gereja. Melalui metode kajian pustaka, penulis menyajikan berbagai isu kepemimpinan gereja dalam konteks perubahan demografis serta menggali sejumlah indikator terkait karakteristik kepemimpinan intergenerasional menurut Gary L. McIntosh. Analisis terhadap pemikiran McIntosh menghasilkan tiga karakteristik utama kepemimpinan intergenerasional, yakni inklusif, apresiatif, dan akomodatif, sebagai upaya evaluatif bagi pelayanan tim kemajelisan gereja demi terselenggaranya efektivitas pelayanan gerejawi secara optimal dan menyeluruh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allen, Holly Carterton. “Bringing the Generations Together: Support from Learning Theory.” Christian Education Journal Research on Educational Ministry 1 (2009). https://doi.org/DOI:10.1177/073989130500200207.

Allen, Holly Catterton, and Christine Lawton Ross. Intergenerational Christian Formation: Bringing the Whole Church Together in Ministry, Community and Worship. Downers Grove: InterVarsity Press, 2012.

Aprilia, Pascalin Dwi. “Membangun Relasi Dalam Pendidikan Kristiani Intergenerasi.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika 6, no. 1 (2023): 1–19. https://doi.org/10.34081/fidei.v6i1.

Bass, Diana Butler. The Practicing Congregation: Imagining a New Old Church. Virginia: Alban Institute, 2004.

Blegur, Romelus, Meldaria Manihuruk, and Leniwan Darmawati Gea. “Dimensi Etis-Teologis Kegagalan Kepemimpinan Raja Saul: Sebuah Antisipasi Bagi Pemimpin Kristen Masa Kini.” Skenoo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 1 (2022): 13–23. https://doi.org/10.55649/skenoo.v2i1.22.

Branson, Mark Lau, and Juan Fransisco Martinez. Churches, Cultures and Leadership. Downers Grove: InterVarsity Press, 2011.

Budi, Hengki Irawan Setia. “Urgensi Konstruksi Generasi Penerus Bagi Gereja.” Skenoo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (December 2021). https://doi.org/10.55649/skenoo.v1i2.14.

Budijanto, Bambang. “Spiritualitas Generasi Muda Dan Gereja.” In Dinamika Spiritualitas Generasi Muda Kristen Indonesia, edited by Bambang Budijanto, 20–58. Jakarta: Bilangan Research Center, 2018.

Christiani, Tabita Kartika. “Pendidikan Kristiani Intergenerasional.” In Pembangunan Jemaat Intergenerasional, edited by Wisnu Sapto Nugroho, 57–80. Yogyakarta: Yayasan Taman Pustaka Kristen, 2022.

Creswell, John W. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Crispin, Gareth. “Intergenerational Communities and a Theology of Accomodation.” In InterGenerate: Transforming Churches Through Intergenerational Ministry, edited by Holly Catterton Allen. USA: ACU Press, 2018.

Hellerman, Joseph H. When the Church Was a Family: Recapturing Jesus’ Vision for Authentic Christian Community. Nashville: B&H Publishing Group, 2009.

Hendriks, Jan. Jemaat Vital Dan Menarik: Membangun Jemaat Dengan Menggunakan Metode Lima Faktor. Yogyakarta: Kanisius, 2002.

Manurung, Pandir, and Yuni Karlina Panjaitan. “Pemimpin Yang Melayani Dalam Konteks Pastoral.” Skenoo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2021): 104–15. https://doi.org/10.55649/skenoo.v1i2.10.

McIntosh, Gary L. One Church, Four Generations: Understanding and Reaching All Ages in Your Church. Grand Rapids, Michigan: Baker Books, 2002.

Menconi, Peter. The Intergenerational Church: Understanding Congregations. Littleton: Mt. Sage Publishing, 2010.

Osmer, Richard R. Practical Theology: An Introduction. Grand Rapids, Michigan: William B. Eerdmans Publishing, 2008.

Sambeta, Jenie Aurensia Clara, Marde Christian Stenly Mawikere, and Johann Nicolaas Gara. “Menelusuri Kualitas Karakter Dan Kompetensi Pemimpin Kristen Yang Signifikan.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 10, no. 3 (February 2024): 1012–28. https://doi.org/10.5281/zenodo.10677378.

Setiawan, David Eko. “Kepemimpinan Kristen Di Era Bonus Demografi Pasca Sensus Penduduk Indonesia Tahun 2020.” Kinaa: Jurnal Kepemimpinan Kristen Dan Pemberdayaan Jemaat 2, no. 1 (June 2021): 12–27. https://doi.org/10.34307/kinaa.v2i1.23.

Sumbeang, Elsi, and I Gede Supradnyana. “Kinerja Kepemimpinan Dalam Konteks Pembangunan Jemaat.” Uepuro: Jurnal Ilmiah Teologi Dan Pendidikan Kristiani 2, no. 1 (December 2022): 243–58.

Tambunan, Mega Intan, Trivena Nadeak, and Ibelala Gea. “Meretas Tipe Kepemimpinan Militeristis Dalam Kepemimpinan Kristen Di Era Disrupsi Digital.” Jutipa: Jurnal Teologi Injili Dan Pendidikan Agama 1, no. 2 (April 2023): 14–25. https://doi.org/10.55606/jutipa.v1i2.84.

Vanderwell, Howard. “Biblical Values to Shape the Congregation.” In The Church of All Ages: Generations Worshiping Together, edited by Howard Vanderwell. Herndon, Virginia: The Alban Institute, 2008.

White, James W. Intergenerational Religious Education: Models, Theory, and Prescription for Interage Life and Learning in the Faith Community. Birmingham, Alabama: Religious Education Press, 1988.

Downloads

Published

20-06-2024

How to Cite

Wiratama, I. W. A. (2024). Signifikansi Paradigma Kepemimpinan Intergenerasional Menurut Gary L. McIntosh bagi Revitalisasi Pelayanan Tim Kemajelisan Gereja. Skenoo : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 4(1), 51–72. https://doi.org/10.55649/skenoo.v4i1.72

Issue

Section

Articles